Kuliner
Kamis, 31 Agustus 2017 - 17:18:00 | muhammad-ridwan / Sorot Sukoharjo

Menu Babat Gongso Jadi Pilihan Olahan Daging Kurban
Menu Babat Gongso Jadi Pilihan Olahan Daging Kurban
Menu Babat Gongso

Grogol,(sukoharjo.sorot.co)--Membuat olahan daging kurban menjadi menu tongseng atau gulai sudah sangat biasa dilakukan. Namun, membuat olahan daging kurban menjadi menu gongso mungkin belum banyak dilakukan oleh warga masyarakat maupun para sohibul kurban.

Jika ingin mencoba menu gongso ini, ada baiknya mengintip resep dapur Kedai Makan Nyah Gongso yang biasa membuka dagangannya di kawasan Solo Baru, Kecamatan Grogol. Penjual menu olahan daging sapi, Dwi Ariyani, mengatakan, bagian yang paling untuk diolah menjadi gongso adalah pada bagian jeroan, lambung atau babat.

Membuat olahan babat gongso cukup mudah dan sangat sederhana. Pertama siapkan daging bagian babat sekitar setengah kilogram kemudian dibersihkan dan direbus. Selanjutnya, siapkan bumbu-bumbunya yakni lima siung bawang putih dan lima siung bawang merah. Kemudian lima buah cabai merah, tiga biji kemiri dan seperampat sendok teh merica.

“Semua bumbu itu dihaluskan kemudian ditumis menggunakan sedikit minyak, kemudian ditambahkan daun salam, sereh dan lengkuas. Setelah itu masukkan garam dan kaldu sapi dan air secukupnya,” ujar Dwi Ariyani, pemilik kedai Nyoh Gongso dijumpai di kedainya Kamis (31/8/2017) siang.

Masukkan juga babat sapi yang sudah direbus bersamaan dengan memasukkan kaldu sapi dan tambahkan air sedikit. Setelah mendidih, tambahkan kecap sekitar 3-4 sendok makan dan tunggu hingga airnya habis dan meni babat gongso siap sajikan.

“Perpaduan aneka bumbu babat gongso terasa pas di lidah orang jawa karena ada rasa gurih, asin, manis dan pedas dari cabai dan merica. Cocok dinikmati dengan nasi putih panas,” tuturnya.

Berita Terkait :