Sosial
Kamis, 03 Agustus 2017 - 07:27:00 | redaksi / Sorot Sukoharjo

TMMD Sengkuyung Resmi Ditutup, Sejumlah Bangunan Fisik Diserahkan ke Warga
TMMD Sengkuyung Resmi Ditutup, Sejumlah Bangunan Fisik Diserahkan ke Warga
Pelaksanaan upacara penutupan TMMD

Weru,(sukoharjo.sorot.co)--Pembangunan program sasaran fisik bangun talud dengan panjang 842 m, rehab poskamling 1 unit, rehab masjid 1 unit, pembuatan MCK 2 unit, dan pembuatan jamban keluarga 2 unit telah selesai dikerjakan. Pembangunan tersebut merupakan bagian dari Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II di Desa Grogol, Kecamatan Weru.

Dalam acara penutupan TMMD, di lapangan Desa Grogol Rabu (2/8), Perwira pelaksana harian Dandim 0726/ Sukoharjo Mayor Inf. Nurul Muthahar mewakili Dandim 0726/ Sukoharjo Letkol Inf Taufan Widiantoro menyampaikan program TMMD sangat dirasakan manfaatnya dan masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Selanjutnya, seluruh pembangunan fisik yang telah selesai tersebut diserahkan untuk dapat digunakan oleh masyarakat.

“Program TMMD masih sangat dibutuhkan, mengingat sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan, sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana prasarana dan infrastruktur wilayah masih sangat relevan dan sesuai dengan koridor undang-undang,” ungkapnya dalam amanat upacara penutupan TMMD

Ia menambahkan, TMMD dilaksanakan dalam rangka membantu meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah serta meningkatkan kemanunggalan TNI-Rakyat. Tak hanya pembangunan fisik, pembangunan non fisik pun juga menjadi sasaran program TNI tersebut.

“Program sasaran non fisik berupa penyuluhan dan pelayanan bidang bela Negara, Kamtibmas, KB Kesehatan, BPJS Kesehatan, UKM dan pasar murah. Personel TNI yang dilibatkan dalam Satgas TMMD sebanyak 40 orang, Polri 5 orang, DPU 2 orang Ormas 20 orang, Linmas 10 orang dan masyarakat 50 orang,” tandasnya.

Dalam acara penutupan TMMD, dimeriahkan pula dengan tarian identitas Jawa Tengah, pasar murah serta warung pethuk. Dan juga diserahkan bantuan kepada kelompok usaha bersama (Kube) untuk desa Tegalsari dan desa Grogol.

Untuk diketahui, Program TNI Manunggal Membangun Desa ini telah dimulai sejak tahun1980-an dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa (AMD). Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, program TMMD yang telah berlangsung selama lebih kurang 37 tahun ini, semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. (ridwan)

Berita Terkait :